Investasi It

1. Mengapa investasi IT harus diukur ?

· Banyak perusahaan atau organisasi yang telah memiliki unit IT tersediri akan tetapi lepas dari ada atau tidaknya unit IT tersendiri, tidak dapat dipungkiri bahwa cost yang dikerluarkan untuk investasi IT bukanlah merupakan nilai yang kecil. Sehingga setiap investasi IT haruslah direncanakan dengan matang dan diwujudkan dalam sebuah program kerja yang baik.

2. Bagaimana sebenarnya teknologi harus mengambil posisi di dalam sebuah kerangka bisnis ?

Seharusnya peran teknologi dan bisnis harus saling mendukung dalam artian bahwa unit IT bisa berkata “ berikanlah business solution yang ada dan kami akan memberikan strategi IT yang akan mendukung solusi bisnis tersebut. “. Sebaliknya Unit Bisnis bisa memanfaatkan Teknologi yang dimiliki oleh perusahaannya untuk menciptakan solusi atau model bisnis baru yang bisa mendukung visi perusahaannya. Sehingga IT bisa menjadi komponen “enabler” bagi proses bisnis.

3. Apa itu IT Balanced Scorecard ?

· Untuk memahami lebih spesifik mengenai IT Balanced Scorecard memang ada baiknya jika kita mengenal lebih dahulu apa itu BSC. Akan tetapi dalam kesempatan ini kita tidak akan membahas secara khusus mengenai BSC.

BSC merupakan suatu alat ukur management untuk mengukur kinerja sebuah perusahaan. BSC menguraikan apa yang ditargetkan dan apa yang harus dikerjakan dan dalam penerapannya BSC menerapkan metode sebab-akibat. Sebelum tahun 1990-an eksekutif hanya diukur kinerja mereka dari perspektif Finansial maka dengan BSC hal ini diperluas lagi dengan menambahkan 3 perspektif lainya, yaitu Customerbagaimana user melihat organisasi atau perusahaan tersebut, Internal Business Processesapa yang harus berjalan baik dalam perusahaan dimana bisa menunjukkan keunggulan, Pembelajaran dan Inovasikemampuan untuk berubah dan berkembang.

Pendekatan yang dilakukan pada Balanced Scorecard menghubungkan strategi yang ada dalam suatu organisasi/perusahaan, mulai dari visi, critical success factor (dalam hal ini saya analogikan pada rencana strategi),dan pengukuran performansi keberhasilan.

IT Balanced Scorecard sendiri merupakan turunan dari BSC yang berkembang pada periode 1997-1998. IT BSC dapat didefinisikan sebagai sebuah Framework, sebagai sebuah sistem pengukuran, sebagai sebuah sistem komunikasi, dan juga bisa sebagai sebuah process for improvement.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.